Senin, 31 Oktober 2011

Wisuda Oktober

Jadi begini pemirsa sekalian.. Saya mau curhat soal Sabtu kemarin, dimana sabtu tanggal 29 Oktober 2011 menjadi hari yang penting bagi sebagian umat di ITB. Mengapa bisa begitu? Sebab tanggal 29 Oktober kemaren adalah hari Wisuda pertama di tahun ajaran 2011/2012. Jadi tuh kayaknya di tahun ajaran ini, bakal ada tiga kali Wisuda. Nah, wisuda pertama bulan Oktober, trus yang kedua kayaknya April, yang ketiga Juli.

Well... skip the April and July for the future, since it hadn't happen yet.

But Wisuda Oktober is something. I think it's one of my memorable moment in my 1st year of academic in this Institute. :D

Kenapa sih heboh banget soal Wisuda Oktober? Emang Wanda diwisuda? Jelas aja nggak.. Emang ada gebetanmu yang diwisuda? Hooooo.... kebetulan tidak ada hubungan dengan gebetan sama sekali yaaa. #penontonkecewa

Well... more important than your best guest up there, I'm glad about this Wisuda Oktober because I was taking part in that ceremony.

Mari saya beri penjelasan singkat mengenai Wisuda ITB. Kalian tau kan kalau wisudawan dan wisudawati itu berasal dari jurusan yang berbeda-beda. Kalian tau juga kan kalau umumnya tiap jurusan itu punya wadah perkumpulan sendiri yang biasa di sebut 'himpunan jurusan'? Nah, udah jadi tradisi dari jaman dahulu kala bahwa tiap kali wisuda, pasti wisudawan dan wisudawati itu diarak sama massa himpunan mereka. Arak-arakan itu rutenya dari Sabuga ke kampus kemudian ada pertunjukan tiap himpunan di depan gerbang kampus.

Kalau mau tau gambaran arak-arakan dan performance tiap himpunan jurusan, coba cek di youtube ya, biasanya banyak tuh. Pokoknya pasti itu rame banget, seru, banyak yang nonton. Yah, meskipun seru dan keren, tapi terkadang arak-arakan itu tidak lepas dari perselisihan antar himpunan. Hehehe... yah begitulah dinamika kampus yah.
Nggak ada yang mau dong ya, arak-arakan ini jadi ajang perkelahian.

Oleh karena itu, pasti ada tim satgas wisuda yang bertugas menjaga arak-arakan sesuai dengan teklap yang udah di buat. Pas Wisuda kemaren, aku jadi Satgas Wisuda-nya.

Bukan berarti aku satpam, hei. Awas berpikir begitu.

kami satgas wisuda, jumlahnya 69 mahasiswa TPB (Tahun pertama). Di koordinir oleh Bang Sum, dan ada 3 danlap: Bang Mirza, Bang Glory, Bang Babdur. Hal yang paling perlu di antisipasi dari arak-arakan wisuda ini adalah perselisihan antar himpunan jurusan.
Areal penjagaan dibagi menjadi 3 wilayah: Sabuga, Saraga, Kampus.

Jujur agak susah, repot, dan capek banget. Kemaren aku udah ngerasain. Aku dapet posisi di jalur arak-arakan dalam Kampus. Agak takut memang waktu menghadapi massa himpunan yang bisa sampai ratusan orang itu, dan pastinya mereka jauh lebih senior daripada aku. Wuah... tantangan banget lah.

Nih, kronologis pengalaman aku selama persiapan wisuda oktober, dan saat hari-H jaga di sektor kampus, di jalur arak-arakan tersebut:
seminggu sebelum wisuda oktober, tiap malam hari kami selalu simulasi wisuda sampai kira-kira jam 10 malem. Kami wajib menghapal warna jaket himpunan dan nama himpunannya. Gawat kan kalo sampe ketuker, himpunan A kita salah nyebut himpunan B. Bisa dikeroyok massa himpunan itu. Persiapin mental soalnya yang dihadapin itu senior. Latihan lobbying, in case kakak-kakak himpunan pas ngarak nggak mau berhenti maupun nggak mau disuruh jalan.

Pas hari H, jam 7 pagi udah kumpul di spot untuk briefing. Jam 11 udah siap di posisi jaga. Jam setengah 1 arak-arakannya baru mulai. Wilayah jaga aku termasuk luas. Jarak antara aku sama temenku di kiri dan di kanan 80 meter ada kali ya. Jadi tiap kali mau koordinasi dengan mereka, mesti lari ke tempat mereka dulu.

ke hectic-an mulai terjadi ketika himpunan ke-3 yang melewati spotku jalannya agak melambat. Jadi himpunan lainnya yang mengantri di belakang dia mau tak mau harus di lobby untuk berhenti sejenak, agar tidak mendahului himpunan ke-3 tadi.

Terus aja begitu, selama 2 jam. Antri himpunan lah, macet lah. Udah nggak terhitung udah berapa kali aku lari ke tempat temen aku, koordinasi dengan mereka keputusan apa yang sebaiknya diambil. Tiap Korlap himpunan udah aku lobby. "Bang, kalau bisa, massa himpunan abang jangan jalan dulu ya, Bang. Soalnya di depan masih macet. Percuma abang gerak sekarang, pasti ntar di sana berhenti lagi. Kami udah berusaha ngatur supaya di depan abang jalannya lancar. Jadi di sini berhenti dulu ya, Bang. Nanti saya kasih tau kapan abang bisa mulai jalan." itu tuh kata-kata ku kalo misalnya mau ngelobby biar massa himpunannya ga nyelonong.

Ada yang respons nya nurut sama aku. Kalo di minta berhenti, iya oke no problem. Tapi yang nggak mau ngedenger juga banyak, tetep aja nyelonong meski udah kami larang -___- kalo udah kayak gini, cuma bisa pasrah. Nasib junior kayaknya.

Hari yang panjang dan melelahkan banget lah #cielaaaah susah ngejelasinnya gimana perasaan waktu itu. Kalaupun mau cerita detilnya gimana pas aku jaga, pasti bakal panjang banget kayak novel *lebay*. Pas jaga, trus pas lari-lari sana-sini, lobby sana-sini, riweuh sana-sini, itu emang kerasa capek, tapi capeknya itu masih kalah sama stress mental. Pas acara arak-arakannya selesai (dengan damai! :D) dan waktu jaga kami udah selesai, baru deh pegel di kaki kerasa. Rasanya kaki mau copot!

Tapi jujur, seneng. Soalnya bisa punya kesempatan interaksi sama massa himpunan secara langsung. Yah, nge-lobby mereka gitu misalnya, menjadi suatu kebanggaan tersendiri kalo kita bisa bikin mereka ngedenger omongan kita. Tapi iya sih, emang kemampuan kami masih jauh dari performa sempurna seorang satgas wisuda. Namanya juga pengalaman pertama. Emang sih capek, tapi beneran deh.. bikin nagih! Pengen ah jadi satgas Wisuda April. :)

haha.. segitu dulu deh curhat aku kali ini. Lain kali kalo ada hal seru lainnya, bakal aku share lagi.


NB: bukan bermaksud curhat soal himpunannya kok. Aku mah santai wae, soal himpunan saya maklum kok. Saya ga ada niat ngejelek-jelekin himpunan apapun lho yaaa... in case ada yang baca terus salah paham.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Welcome To My Mind. All rights reserved.
Blogger Template by