Senin, 07 Mei 2012

About Making the Right Decision

Eh sekarang udah tanggal 7 Mei ya? Ya ampuuuun, berarti hari ini kuisioner penjurusan terakhir di buka dong ya? Jurusan apakah yang wajib saya taruh di posisi pertama?

Ya ampun, sebenernya galau jurusan sih nggak. Aku sudah punya satu jurusan yang bener-bener pengen aku masukin. Eits, tapi itu disimpan dulu, soalnya takut udah pamer-pamer disini tapi ntar malah ga masuk ke jurusan itu, kan sesuatu banget ntar ujung-ujungnya. But deep down, really I do wish I have made a right decision. I do wish whatever major I'll take leads me to be someone, not just anybody, and allows me to contribute on doing something good.

The closer I get to the end of my TPB term, the more I remember how I started my journey in ITB. A girl from nowhere and started my way-too-different-from-my-highschool life here. Struggling and try hard to survive on my TPB year. I have experienced how it feels like 24 hours a day is not enough. I've experienced gain a very bad bad mark on my exam. And yes, I tried so hard to pas every single day here. Because I understand only those who try hard will survive.
But mind you, I have also a good life and make good relation with as many person as I can. you can't just think I'm too much depressed

And now, my teaching and learning process in TPB is officially over. Only UAS remains for the next 2 weeks and then.... days off. Holliday! *cheer*

Aduh, nah kalau kuisioner penjurusan sudah dibuka, berarti ntar lagi aku bakal berstatus sebagai mahasiswa jurusan dan bukan lagi mahasiswa fakultas. Part of me shows such enthusiasm and other part is like nervous in almost everything. What do you call this feeling? Haha.. nevermind.

Yah sebenernya bukan galau jurusan sih. Malah sebenernya, semakin saya tau FITB, semakin saya sadar kalau masuk jurusan apapun di fakultas saya tidak menjadi masalah. Karena sebenernya, siapa sih yang nggak butuh para ahli bumi?

Geologi tuh sekarang lagi dibutuhin banget kan? Dengan prospek kerja yang luas dan sebenernya bisa di bilang 'jurusan banyak proyek' geologi menjadi idola di FITB. Kerja di pertambangan bisa, kerja di geothermal juga bisa. Menguasai segala hal mengenai bumi dan batuan dan segala hal yang sangat menarik hati para pecinta alam deh.

Teknik Geodesi & Geomatika juga bukan merupakan jurusan yang bisa dipandang sebelah mata. Jadi bayangin ya, di Indonesia sendiri itu, jurusan Teknik Geodesi cuma ada di 2 universitas, UGM sama Undip. Nah, kalau teknik Geomatika cuma ada di ITS *setau aku sih*.
Kalau teknik Geodesi & Geomatika cuma ada di ITB dong yaaaa... Jadinya kalau mencari seorang sarjana geodesi geomatika dimana lagi kalau bukan disini, ayo calon belum-sarjana-sudah-banyak-proyek mari merapaaaaat..

Oseanografi juga adalah ilmu yang sebenernya menarik buat dipelajarin. Kapan lagi coba ada mata kuliah wajib 'diving'? Oseanografi punya lah ini. Gelombang dan dinamika laut juga ilmu yang 'romantis' untuk dipelajari. haha.. Sekarang emang masih sedikit universitas yang punya jurusan ini, padahal sebenernya untuk negara-negara sekelas Jepang, ilmu oseanografi berkembang banget.
Dosen-dosen aku mah ya, kebanyakan kuliah S2 dan S3 di Jepang sana. Aduh... ngiler.

Meteorologi sendiri punya daya tarik yang nggak kalah seru. Meski buat aku pribadi, jurusan ini yang cukup kurang menarik bagi saya, karena saya nggak kuat sama komputasinya yang mesti hi-tech banget, padahal saya kan gaptek maksimal, hehe.. Tapi kalau ngeliat presentasi kakak-kakaknya kemarin, dan emang ahli meteorologi sebenernya sangat dibutuhin (karena sekarang issue yang paling banyak dibicarakan adalah issue tentang global warming) dan berpotensi berkembang.



Saya memang mempunyai beberapa pertimbangan kenapa akhirnya saya memilih satu jurusan 'itu'. Mulai dari faktor mata kuliahnya, prospek kerjanya, lingkup kerjanya, lingkup belajarnya, lingkup mahasiswa seniornya, lingkup teman-teman sejawat saya yang juga mau masuk ke jurusan yang sama. Hmm... Banyak pertimbangan.

Dan orang tua aku sendiri mendukung sepenuhnya apapun pilihan jurusan aku. Mereka dan aku emang percaya, kalau lebih baik aku yang milih karena nantinya aku yang ngejalanin. Awww... Yuk ah, ntar saya kasih tau deh saya masuk jurusan mana (kalau udah diumumin sama kampus ya).



Jadi intinya, bismilah saja dengan jurusan yang saya pilih, semoga saya bisa baik-baik menjalani kehidupan di jurusan yaaaa... I've think about hundreds of time just to put a right decision on the first place. What makes me glad, my closest friends in FITB also decide the same decision with me. Welcome to the jungle again, if we ever be in the same major :)

4 komentar:

Fradita Wanda Sari mengatakan...

Amin, Wanda. Semoga dapat jurusan yang-dimau-tapi-masih-dirahasiakan itu ya :)

Wanda's Mind mengatakan...

Amiiiiin :D

catatanrendi mengatakan...

jangan pilih teknik geodesi & geomatika yaa :D

Wanda's Mind mengatakan...

wah... kalau udah terlanjur milih GD gimana dong?

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Welcome To My Mind. All rights reserved.
Blogger Template by