Kamis, 11 Maret 2010

Seandainya Samarinda...

well, sebelumnya, aku pengen konfirmasi dulu. hehehe... kmaren ad tmenku yg komen gini "agak males aq baca blogmu wan, soalnya banyak tulisan b inggris."
wew, q gak niat sok-sokan ato gimana sih sbenernya (jgn-jgn mereka mikir, mentang-mentang q lancar, trus jadinya nulis ini itu diinggrisin). cuma menurutku ada beberapa hal yg kalo di inggrisin, ato emang aslinya udah inggris, trus lebih dapet feel-nya dgn bahasa itu. tapi iya mungkin yaa... kbanyakan juga sih pas q baca-baca entry ku sendiri.

udah jelas kan, yg baca blog ini dikit... trus klo mreka ngacir gara-gara hal ini, bisa2 sepi lagi blog ini. jadiii... saya telah melakukan evaluasi, dgn menyedikitkan b inggrisnya! bukan brarti hilang spenuhnya yaaaa..

okeh, cukup dengan yang konfirmasi tadi. kalo ada saran lain, saya tampung kok!!


di posting kali ini, ingin menunjukkan pendapatku ttg samarinda kota tepian ini. setauku, tepian tuh kan artinya teduh, rapi, dan aman...?? bner gak? oke, di bener2in aja lah. paling juga beda2 dikit ma aslinya. naaah... tapi ya... liat sekitar aja deh, n perhatiin lagi semboyan itu. kontras banget gak sih??

1. teduh... uups, tunggu dulu deh. teduh di mananya yah? kalo naek motor di jalan raya ajaaa... haduuuh.. ampun-ampunan gerahnya. pohon di pmbatas jalan sih emang ada. tapi emang cukup? ttp nggak kali. lagian jg, pohon dikit, brarti g ada yg nyerap CO2 dong. brarti polusi ngiter2 di sekitar kita doong?? huuh.. ngeri!

saran: sedikit tidak mungkin sih, mengingat samarinda itu kecil. tapi yang aku pengenin tuh, ada suatu tmpat di samarinda ini, yg seperti central park-nya New York! whooaa.. liat kan betapa luasnya n mencoloknya taman itu? meski di sekitarnya gedung tinggi, ttp aj cantik tuh central park.
slain luas, nyerap CO2, trus bisa jadi tmpat piknik keluarga lagi... wuih... iri aku tiap nonton '(500) days of summer' ato 'the happening' bagus bgt tuh taman. sapa tw kalo di buat di smd bisa jadi obyek wisata!
lha di smd? tmpat 'piknik' remaja, ya tepian! please, gak berkelas sekaleee..

2. rapi. baca ulang, kmudian bayangkan kota kita tercinta. R-A-P-I adalah kata yg jauh dari knyataan. tiap jam pulang skolah tuh, slalu aja stress (kcuali pulang pas jam orang jum'atan. wew, tuh sih serasa jalan punya moyang kita) motor, mobil, angkot (bar-bar), truk, trailler (ngeriii tiap sejajaran ama tuh kendaraan) dll, ngumpul jadi satu di jalanan sempit. merayap2... huwak!
okelah, masih ngerian jkt kalo q liat macetnya, n amornya jkt emang paling top!
mungkin bisa q berharap (krna tw g bakal kjadian)

ttp aj q g suka ma macet. gw rasa, kalo ada yg namanya busway bagus jg. q udah ngerasain busway jkt kok. emang sih, lamaa bgt perjalanannya soalnya di bawa muter kliling jkt ssuai rute. tapi toh murah, nyaman (bangku empuk), ber-AC lg. kalo di sediain busway berkelas, tntu aja q mw pulang naek itu. jd jumlah motor di jalan seenggaknya berkurang kan? n g perlu ngeresikoin nyawa di angkot yg superbrutal itu...

rapi jg g cuma dalam hal itu kok. liat aj tata kota samarinda. rumah2 di gang tuh nyelip-nyelip sana-sini gitu, g beraturan. jelek tw di liatnya! tepian tuh, meski di kasih gazebo yg lumayan... tapi catnya udah bulukan. jadi kayak gubuk gmbel nangkring di tpian, tnpa ada orang yg memanfaatkanyaa.. what a wasting place!

solusi: bangung suatu rusun ato gimanaaa gitu, trus suruh orang2 kampung pindah situ. usahain rusunnya subsidi dari pmerintah. yg bisa kita dapat dari solusi ini, satu rusun, bisa mwakili 20 rumah. liat dong, btapa kita menghemat tanah... bisa di manfaatkan untuk hal lain kan tanahnya? kdua jg, kliatan rapi (karna cuma 1 bangunan).
rapi

kita liat di permpatan lembus. pasti ada mereka. yak! tentu saja yg ku maksud adalah gembel n pngemis yg masih kanak2. tolong di tertibkan. mikir gak sih, mereka sedang merusak citra kota ini. berhamburan sana-sini. mana ada di luar negeri ngemis2 gitu. sangat gak rapi!

3. aman. hahaha... basa-basi bgt sih tuh slogan. aman gimana? sperti yg udah jelas di atas, di jalan raya sangat tidak aman sodara2!! jaddii... mana mnurut lo tmpat yg aman? rumah? wehh... baca lagi tuh koran sapos, gudangnya berita kriminal. di rumah jg g aman. okelah, smua daerah pasti ada orang jahatnya. tp toh, seenggaknya jgn di biarin segitunya kaleee.. liat aja tuh, di smansa. ada cerita om-om gangguin siswi smansa dgn cara 'exhibition'. g aman bgt kan tuh??? haduuhh...

saran: capek jg q ngasih saran di bidang ini. serbasalah. ada pnjahat, ada korban. g ada pnjahat, polisi nganggur. lagian segala seperti itu disebut keseimbangan hidup. 'you have to believe, u can have a life only when someone other dying' gitu kata si Mal'akh (the lost symbol)

lagian, kalo baca koran, isinya pasti ttg kbakaraaan... aja. tuh kan g aman jg. kbakaran di mana2. aduuuhh... harus ada yg bertindak. hati2 dgn perlengkapan listrik n jgn main tabung gas smbarangan, please!

oke, ada masih banyak problem lainnya yg tersebar di masyarakat. and btw, it's exactly the right time to have a review like my entry above. krna kan lg jor-joran calon walikota kampanye sana-sini. perhatiin lagi deh masyarakatnya. 'kami butuh aksi, bukan janji!!!' ingat itu para pmimpin. seenggaknya, sisihkanlah anggaran negara sedikit... jadi hal2 di atas tadi bisa di minimalisir!

hope this post can help even a little. karna aspirasi bisa digunakan sebagai alat pencerahan! guys inget 3M! mulai dari yg kecil, mulai dari diri sndiri, n mulai saat ini!!
kalo kata Obama "change, yes we can!" *kalo gak salaaaaahhh....*

1 komentar:

azr mengatakan...

bagus postinganmu

follow aku dong

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Welcome To My Mind. All rights reserved.
Blogger Template by